Fasilitator : Anggaran PNPM Tak Sebanding Dengan Kebutuhan - PNPM -MP KECAMATAN DUA BOCCOE
Breaking News :

Fasilitator : Anggaran PNPM Tak Sebanding Dengan Kebutuhan

Mamuju (ANTARA News) - Fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan menilai anggaran PNPM-MP pada tahun 2013 sebesar Rp900 juta tidak sebanding dengan kebutuhan pembangunan di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

"Anggaran sebesar itu hanya bisa membantu lima dari 26 program pembangunan yang diusulkan 13 desa di kecamatan tersebut," kata fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) Kecamatan Kalukku, Ali Sunar, di Mamuju, Senin.

Dengan demikian, kata dia, pada tahun ini PNPM-MP hanya akan mengelola dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp900 juta. Padahal masyarakat sangat memerlukan infrastruktur untuk pembangunan yang lebih baik.

Ia lantas memaparkan kegiatan yang termasuk di dalam program tersebut, antara lain, pembuatan beronjong, jalan tani rabat beton, dan drainase, serta sarana air bersih.

"Hanya lima program yang akan dijalankan PNPM-MP di Kecamatan Kalukku pada lima desanya karena terbatasnya anggaran yang dikelola," katanya menandaskan.

Meskipun anggaran relatif sangat terbatas, kata dia, pembangunan yang dijalankan akan sangat dirasakan masyarakat manfaatnya karena sesuai dengan kebutuhan mereka.

"PNPM-MP akan tetap diprioritaskan memenuhi kebutuhan pembangunan masyarakat agar lebih memadai dari sebelumnya meski dengan keterbatasan anggaran," katanya.

 Ia berharap pada masa mendatang pihaknya mengakomodasi seluruh kebutuhan pembangunan melalui PNPM-MP agar program ini dapat berperan vital bagi kemajuan pembangunan, di samping memajukan ekonomi masyarakat dan daerah. (T.KR-MFH/D007) 
AKU CINTA PNPM-MP BERPIHAK KE RAKYAT KECIL

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

Terima kasih Atas Komentar Anda

 
 EMAIL   : Copyright © 2011. PNPM -MP KECAMATAN DUA BOCCOE - All Rights Reserved
Welcome Links Work
Spesialis Admin